ANALYSIS SISTEM AKUNTANSI E-COMMERCE
v MENGENAL
PRELO
Ø Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas
berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, sehingga kamu bisa
bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman.Prelo memberikan kamu garansi keamanan
berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah
barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW.
Ø Visi :Layanan
e-niaga ramah lingkungan berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas
Ø Misi :Memaksimalkan
potensi teknologi untuk membangun gaya hidup ramah lingkungan yang bermanfaat
bagi masyarakat, lingkungan, ekonomi, karyawan, dan perusahaan.
Ø Kultur Perusahaan : Prelo
adalah sebuah platform yang menanamkan rasa peduli, inovasi, dan kepemimpinan
demi tumbuhnya ekosistem individu, perusahaan, masyarakat, lingkungan, dan
ekonomi secara bersama-sama.
v TIPE SISTEM
YANG DI TERAPKAN OLEH PRELO
Ø Bisnis -> Konsumen
Website
sebagai berikut model bisnis e-commerce B2C menjual produk secara langsung
kepada pelanggan atau calon pembeli. Seorang pelanggan ini dapat melihat produk
yang ditampilkan pada sebuah website organisasi bisnis. Setelah itu
pelanggan bisa memilih dan memesan produk yang sama. Setelah itu
website akan mengirimkan pemberitahuan kepada organisasi bisnis melalui email
dan organisasi akan mengirimkan produk / barang kepada pelanggan.
Dapat di lihat dari Visi,Misi dan Kultur Perusahaan
itu sendiri yang menjelaskan bahwa segmentasi atau target pemasaran mereka
salah satunya adalah masyarakat. Maka dapat dikatakan bahwa prelo menerapkan
tipe sistem bisnis ini.
Contoh: Barang second
yang di jual di prelo, adalah salah satu contoh
bisnis yang sesuai tipe
dengan bisnis terhadap konsumen, dengan target
pasar adalah pera
konsumen yang memanfaatkan aplikasi prelo untuk
mencari kebutuhan akan
barang berkualitas dengan harga terjangkau
namun dalam keaadan
second.
Ø Konsumen -> Konsumen
Website sebagai berikut model bisnis e-commerce C2C
membantu konsumen untuk menjual aset mereka seperti kekayaan perumahan,
kendaraan mobil, sepeda motor dan lain sebagainya atau menyewakan kamar
dengan menerbitkan informasi mereka di sebuah website. Kemudian Website mungkin
atau mungkin tidak memasang tarif konsumen untuk layanannya. Akhirnya
Konsumen yang lain mungkin memilih untuk membeli produk dari pelanggan pertama
dengan melihat pos / iklan di website.
Dapat di lihat dari Visi,Misi dan Kultur perusaan itu sendiri yang menjelaskan bahwa segmentasi
atau target pemasaran mereka salah satunya adalah konsumen dengan catatan
konsumen lain yang menjadi pelaku pedagangnya . Maka dapat dikatakan bahwa
prelo menerapkan tipe sistem bisnis ini.
Contoh: tersedianya lapak para konsumen untuk menjuala barang
yang menurut mereka masih memiliki nilai jual, yang di tawarkan kepada para
konsumen yang lain dengan catatan berang ter sebut merupakan barang second.
v MODEL SISTEM
YANG DI TERAPKAN PRELO
Ø Market Creator,
Adalah model bisnis yang membuat
suatu website atau aplikasi yang di gunakan untuk pertemuan antara penjual dan
pembeli sehingga memungkinkan terjadinya aktivitas bisnis, kemudian dari
aktivitas bisnis tersebut terbentuklah marketplace
v JENIS
PENDAPATAN YANG DI TERIMA OLEH PRELO
Ø Transaction Fee,
Prelo mendapatkan keuntungan dari
setiap tansaksi yang dilakukan oleh anggota / pengguna aplikasi Prelo, jadi
setiap transaksi yang di lakukan oleh pengguna aplikasi Preo baik penjual
maupun pembeli akan memberikan keuntungan bagi pihak Prelo itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar