Selasa, 15 November 2016

ANALYSIS BISNIS ONLINE "E-COMMERCE" (Prelo.co.id)



ANALYSIS SISTEM AKUNTANSI E-COMMERCE
PRELO.CO.Id




v MENGENAL PRELO
Ø Prelo adalah aplikasi jual beli barang bekas berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif, sehingga kamu bisa bertransaksi di Prelo dengan aman dan nyaman.Prelo memberikan kamu garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW.
Ø Visi :Layanan e-niaga ramah lingkungan berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas
Ø Misi :Memaksimalkan potensi teknologi untuk membangun gaya hidup ramah lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, ekonomi, karyawan, dan perusahaan.
Ø Kultur Perusahaan : Prelo adalah sebuah platform yang menanamkan rasa peduli, inovasi, dan kepemimpinan demi tumbuhnya ekosistem individu, perusahaan, masyarakat, lingkungan, dan ekonomi secara bersama-sama.

v TIPE SISTEM YANG DI TERAPKAN OLEH PRELO
Ø Bisnis -> Konsumen
Website sebagai berikut model bisnis e-commerce B2C menjual produk secara langsung kepada pelanggan atau calon pembeli. Seorang pelanggan ini dapat melihat produk yang ditampilkan pada sebuah website organisasi bisnis. Setelah itu pelanggan bisa memilih dan memesan produk  yang sama. Setelah itu website akan mengirimkan pemberitahuan kepada organisasi bisnis melalui email dan organisasi akan mengirimkan produk / barang kepada pelanggan.
Dapat di lihat dari Visi,Misi dan Kultur Perusahaan itu sendiri yang menjelaskan bahwa segmentasi atau target pemasaran mereka salah satunya adalah masyarakat. Maka dapat dikatakan bahwa prelo menerapkan tipe sistem bisnis ini.
Contoh: Barang second yang di jual di prelo, adalah salah satu contoh
bisnis yang sesuai tipe dengan bisnis terhadap konsumen, dengan target
pasar adalah pera konsumen yang memanfaatkan aplikasi prelo untuk
mencari kebutuhan akan barang berkualitas dengan harga terjangkau
namun dalam keaadan second.
Ø Konsumen -> Konsumen
Website sebagai berikut model bisnis e-commerce C2C membantu konsumen untuk menjual aset mereka seperti kekayaan perumahan, kendaraan mobil, sepeda motor dan lain sebagainya atau menyewakan kamar dengan menerbitkan informasi mereka di sebuah website. Kemudian Website mungkin atau mungkin tidak memasang tarif konsumen untuk layanannya. Akhirnya Konsumen yang lain mungkin memilih untuk membeli produk dari pelanggan pertama dengan melihat pos / iklan di website.
Dapat di lihat dari Visi,Misi dan Kultur perusaan  itu sendiri yang menjelaskan bahwa segmentasi atau target pemasaran mereka salah satunya adalah konsumen dengan catatan konsumen lain yang menjadi pelaku pedagangnya . Maka dapat dikatakan bahwa prelo menerapkan tipe sistem bisnis ini.
Contoh: tersedianya lapak para konsumen untuk menjuala barang yang menurut mereka masih memiliki nilai jual, yang di tawarkan kepada para konsumen yang lain dengan catatan berang ter sebut merupakan barang second.
v MODEL SISTEM YANG DI TERAPKAN PRELO
Ø Market Creator, Adalah model bisnis yang membuat suatu website atau aplikasi yang di gunakan untuk pertemuan antara penjual dan pembeli sehingga memungkinkan terjadinya aktivitas bisnis, kemudian dari aktivitas bisnis tersebut terbentuklah marketplace

v JENIS PENDAPATAN YANG DI TERIMA OLEH PRELO
Ø Transaction Fee, Prelo mendapatkan keuntungan dari setiap tansaksi yang dilakukan oleh anggota / pengguna aplikasi Prelo, jadi setiap transaksi yang di lakukan oleh pengguna aplikasi Preo baik penjual maupun pembeli akan memberikan keuntungan bagi pihak Prelo itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar